Tuesday, September 02, 2008

Orang Lokal yang Jago Abiezzzz

Pria kelahiran Jakarta, 25 Juli 1971 ini bernama Tohpati ArioHutomo atau akrab disapa Bontot. Namanya baru dikenal orangbanyak setelah ia mengeluarkan album solo dengan hit Lukisan Pagiyang dinyanyikan Shakila dan berhasil menduduki urutan pertamaselama beberapa minggu di radio - radio swasta. Padahal Tohpatisudah bergelut di dunia musik sudah sangat lama. Usia 15 tahun iasudah bergabung dengan Splash Band, yang sebagian personelnyaadalah musisi - musisi senior. Setelah itu Tohpati banyak mengisiacara musik di TVRI bersama grup Didi AGP. Kesempatan untukmengembangkan karir semakin besar ketika ia berguru kepadaDonny Suhendra (gitaris Java Jazz). Setelah itu ia berkenalan danberguru pada Indra Lesmana, kiprahnya dalam musik jazz semakinmenjadi - jadi. Selain itu ia juga banyak membantu rekamanbeberapa penyanyi.

Akhir tahun 1980-an Tohpati membentuk Halmahera. Band inipernah menggantikan Karimata sebagai homeband di acara GitaRemaja TVRI. Lalu tahun 1993 ia bergabung dengan Simak Dialogbersama Riza Arshad, Arie Ayunir dan Indro Hardjodikoro. Sebelummenekuni jazz, Tohpati lebih dulu memainkan musik rock, iamemainkan lagu Deep Purple, Genesis, Led Zeppelin, Yes dan Saga.Sebenarnya ia tidak bercita - cita jadi seorang gitaris, meskipun iadiikutkan les gitar oleh orang tuanya sejak kelas 5 SD hingga 2 SMP.Tapi sekarang, ia merupakan salah satu gitaris potensial diIndonesia.

Untuk lebih mengukuhkan dirinya sebagai gitaris, ia punmerilis album solo pada akhir tahun 1998. Tohpati ingin lebih dikenalorang dan album ini merupakan perwujudan mimpinya. Albumpertamanya juga didukung oleh Eric Marienthal (musisi jazz dariAmerika) yang sebelumnya Tohpati sempat ikut membantu turnyaEric Marienthal di Surabaya, Bandung, Jakarta dan Yogyakarta.

0 comments:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs